Langkah Ternak Jangkrik Untuk Pemula Supaya Sukses
Langkah Ternak Jangkrik Untuk Pemula Supaya Sukses

Langkah Ternak Jangkrik Untuk Pemula Supaya Sukses

Langkah Ternak Jangkrik – Untuk pencinta burung baik tipe burung kicau atau tipe burung hias, tersedianya pakan yang berkualitas penting karena benar-benar mempengaruhi perform burung piaraan.

Salah satunya pakan untuk burung ialah Jangkrik. Selainnya jangkrik, pakan dasar yang dapat diberi ialah voer, ulat dan kroto. Bila anda banyak memiliki piaraan burung di dalam rumah, anda tentu benar-benar memerlukan suplai jangkrik, ulat atau kroto dengan jumlah besar sehari-harinya.

Jangkrik bahkan juga kerap jadi pakan alternative untuk ikan atau satwa piaraan yang lain. Karena ulat dan kroto susah untuk diperbudidayakan dan voer susah untuk dibikin.

Beberapa pemilik burung lebih suka menyuplainya dari beberapa toko pakan burung. Dan untuk memperoleh suplai jangkrik, beberapa peternak lebih sukai membudidayakannya sendiri di dalam rumah. Lalu bagaimanakah langkah ternak jangkrik sendiri di dalam rumah? Baca pembahasan ini.

Langkah Ternak Jangkrik

Nach, bila anda berminat untuk ternak jangkrik di dalam rumah, berikut ada banyak beberapa langkah yang penting anda pesiapkan:

Kandang Jangkrik

Langkah awal untuk langkah ternak jangkrik ialah menyiapkan tempat dan perlengkapan yang hendak jadi kandang perawatan jangkrik. Anda dapat manfaatkan ruang kosong di rumah atau di pelataran, yang tidak terserang cahaya matahari langsung.

Apabila sudah sediakan tempat, seperti gudang atau ruang khusus, anda mulai bisa mempersiapkan kandangnya. Anda dapat beli kandang jangkrik di toko hewan/unggas.

Bila tidak ada, anda dapat membuat sendiri dari kayu atau kardus sisa yang ditutup rapat—bisa memakai lakban, dan dikasih kasa untuk sirkulasinya.

Yang perlu jadi perhatian dalam ternak jangkrik ialah mengondisikannya supaya predator dan hewan pengganggu seperti kadal, cicak atau semut, tidak dapat masuk ke kandang.

Pengondisian bisa dilaksanakan dengan tempatkan ember yang diisi oli sisa di masing-masing kaki meja atau kandang supaya tidak bersinggungan langsung dengan tanah dan tembok. Tutup kandang perlu dibikin rapat supaya kadal atau cicak dari atap tidak jatuh ke dalam.

Lakban coklat perlu ditempelkan pada dinding atas kandang ternak jangkrik untuk menahan jangkrik memanjat keluar kandang.

Ukuran Kandang Ternak Jangkrik

Kandang ternak jangkrik ini ialah kandang jangkrik yang memiliki ukuran besar dengan dimensi panjang 240 cm, lebar 120 cm dan tinggi 60 cm. Tinggi kaki kandang jangkrik dari tanah umumnya 25 cm atau 40 cm sesuai keperluan.

Untuk macam tinggi dinding kandang ini ada yang memakai tinggi dinding 60 cm (habiskan triplek 2,5 helai), ada juga yang memakai tinggi dinding 40 cm (habiskan triplek 2 helai).

Berat telur yang umum ditetaskan dalam kandang ukuran ini ialah 500 g atau 1/2 kg. Kandang ini memiliki keunggulan yakni volume yang besar, sanggup mengoptimalkan hasil panen.

Kekurangannya ialah kandang jumbo makan banyak tempat, sulit dipindah dan banyak habiskan kayu reng untuk penyelesaiannya.

Kandang jumbo ini bisa memuat jangkrik sekitar 50-70kg saat panen. Perkiraan ongkos untuk membikin kandang jumbo ini ialah Rp. 250.000 – Rp. 300.000 / kandang jangkrik.

Simak juga : Analisis dan Langkah Sukses Ternak Jalak Suren Untuk Pemula

Pilih Indukan Jangkrik Terbaik

Untuk pilih indukan dalam ternak jangkrik, anda dapat membeli di peternakan jangkrik atau pilihnya sendiri di toko pakan. Tetapi untuk indukan jantan, upayakan untuk tangkapnya dari alam bebas karena karakternya yang lebih agresif.

Langkah membandingkannya dengan suara kerik di sayapnya. Cuman jangkrik jantan dewasa yang dapat keluarkan suara itu.

Tempat Bertelur Jangkrik

Saat sebelum diisi jangkrik, kandang ternak jangkrik perlu berisi dedaunan kering atau jerami dan lumpur sawah yang dibaluri di dindingnya. Bila anda ingin memikulgbiakannya, perbedaan bagus jantan dan betina ialah 1:5.

Siapkan media pasir di atas piring kecil untuk tempat bertelurnya. Bila usia telur jangkrik telah 5 hari, pisah dari kandang jangkrik dewasa dan masukan ke kandang yang baru.

Satu sendok teh telur berisi sekitaran 1.500-2.000 butir telur jangkrik. Dalam 4-6 hari, telur akan berbeda warna dari bening jadi kotor. Langkah menetaskan telur bisa anda tempatkan di lipatan kain dan disemprotkan air untuk jaga kelembapannya.

Makanan Jangrik

Untuk jangkrik yang kecil, anda dapat memberi pakan ekstrak ayam yang dilumatkan. Dan yang dewasa, anda dapat memberi kombinasi bekatul, jagung, tepung ikan, ketan hitam dan vitamin.

Anda bisa juga menambah sawi, wortel atau jagung muda. Pemberian gizi untuk jangkrik harus betul-betul dilaksanakan dengan jeli karena jangkrik mempunyai karakter kanibal bila kekurangan gizi.

Pengondisian bisa dilaksanakan dengan tempatkan ember yang diisi oli sisa di masing-masing kaki meja atau kandang supaya tidak bersinggungan langsung dengan tanah dan tembok. Tutup kandang perlu dibikin rapat supaya kadal atau cicak dari atap tidak jatuh ke dalam.

Langkah Memetik Jangkrik

Periode panen ialah saat yang paling dinanti oleh beberapa peternak jangkrik. Walau terlihat gampang, kenyataannya memetik jangkrik mempunyai ketentuan dan langkah tertentu supaya tidak memunculkan rugi karena jangkrik mati atau stress (sakit).

Oleh karenanya, supaya jangkrik masih tetap sehat dan berkualitas tinggi, turuti panduan memetik jangkrik yang benar dan baik di bawah ini.

Waktu Panen Jangkrik

Jangkrik bisa dipanen dalam 3 waktu periode, yakni saat jangkrik telah dewasa, jangkrik pradewasa, dan telur jangkrik. Ke-3 masa ini mempunyai keuntungan sendiri – sendiri.

Misalnya bila memetik jangkrik dewasa, karena itu keuntungannya semakin besar karena harga semakin tinggi. Tetapi kerugiannya peternak harus menanti saat yang semakin lama supaya jangkrik dewasa betul – betul siap untuk dipanen.

Ke-2 jangkrik pra dewasa, pada masa ini keuntungan yang didapat ialah waktu nantikan yang tidak begitu lama bila dibanding pemanenan jangkrik dewasa.

Paling akhir panen masa saat berbentuk telur. Keuntungan masa ini ialah waktunya yang demikian cepat karena tak perlu menanti jangkrik menetas.

Untuk perkiraan waktu dalam ternak jangkrik, jangkrik dewasa baru dapat dipanen saat umurnya ada di range 50 sampai 60 hari. Dan jangkrik pra dewasa, bisa dipanen saat umur mereka mencapai di antara 40 sampai 50 hari.

Ciri-ciri – ciri-ciri khusus jangkrik yang siap panen ialah sayapnya yang telah megar dan berperan secara baik. Dan, untuk telur jangkrik, dapat dipanen 2 hari sekali semenjak indukan mereka mati. Telur ini biasanya dipanen untuk dipasarkan sebagai bibit jangkrik.

Tahapan Panen Jangkrik

Langkah panen jangkrik yang keliru bisa mengakibatkan jangkrik depresi dan sakit. Mengakibatkan kualitas dan kualitas jangkrik turun hingga susah saat ditawarkan nanti. Maka dari itu berhati – hatilah saat memetik jangkrik.

Triknya lumayan gampang. Tangkap jangkrik dari penangkaran satu-satu. Tidak boleh terlampau tekan jangkrik itu saat tangkapnya karena ini bisa membuat jangkrik sakit.

Kemudian masukan jangkrik itu pada tempat yang sudah disiapkan (siapkan sisa tempat telur dan makanan jangkrik). Upayakan menempatkan jangkrik dalam tempat sama sesuai ukuran jangkrik itu.

Langkah ini bisa dipakai untuk memetik jangkrik dewasa atau pra dewasa. Untuk telur jangkrik, triknya mengambil pasir berisi telur selanjutnya tempatkan di atas saringan, kemudian siram air secara perlahan-lahan untuk memfilter pasir.

Sesudah cuman sisa telurnya, tumpahkan telur itu pada kain putih bersih dan lalu buntel dengan kemampuan tertentu.

Penangkaran Sementara Jangkrik

Jangkrik yang telah dipanen belum pasti langsung bisa ditawarkan. Karena itu, jangkrik harus ditangkar lebih dulu. Untuk jangkrik dewasa dan pra dewasa, anda dapat menempatkannya dalam kotak memiliki ukuran 60 x 60 cm.

Dan untuk telur, anda dapat meletakkannya pada kain putih yang di atasnya telah dikasih pasir dengan kelembapan tertentu.

Analisis dan Keuntungan Ternak Jangkrik

Dari penghitungan analitis usaha ternak jangkrik benar-benar menarik dengan keuntungan yang lebih dari setengah modal. Berikut ini analisis dan perkiraan modal dan keuntungan ternak jangkrik untuk yang baru memulai yang bisa anda lihat.

  • Kandang / Kotak Jangkrik 1 biji @Rp. 250.000 = Rp. 250.000.
  • Tempat Telur Ayam / Etray Sisa 1 Ikat @Rp. 17.000 per kandang perlu 3 ikat = Rp. 51.000.
  • Telur Jangkrik 1kg @Rp. 200.000 = Rp. 200.000.
  • Sentart Ayam / Voer Ayam 511 50kg / 1 karung = Rp. 340.000.
  • Sayur 30 hari @Rp. 3000 = Rp. 90.000.
  • Keseluruhan = Rp. 931.000.

Perkiraan keuntungan dalam ternak jangkrik sesudah panen :

  • Kira bisa 80 kg jangkrik x @Rp. 25.000 = Rp. 2.000.000.

(Harga jangkrik dewasa di masing-masing wilayah berbeda sesuai pasar – untuk wilayah jakarta dapat sampai 100rb / kg).

Keuntungan bersih dari ternak jangkrik anda yakni:

Hasil Panen – ( Modal awalnya + Ongkos angkut ).

  • Rp. 2.000.000 – (Rp. 931.000 + Rp. 25.000).
  • Rp. 2.000.000 – Rp. 956.000.
  • Rp. 1.044.000.

Demikian info yang bisa kami berikan, mudah-mudahan berguna dan menambahkan wacanamu mengenai analisis dan langkah ternak jangkrik untuk yang baru memulai supaya sukses. sumber 99.co.